BuletinKalbar.com – Ban forklift merupakan ban yang memiliki bentuk yang besar dan beban yang cukup berat. Maka dari itu, ban ini dikategorikan sebagai alat berat. Ban ini dipasang di kendaraan yang memiliki bobot besar dengan tujuan untuk menyeimbangkan kendaraan dengan barang atau material yang diangkut.

Jenis-Jenis Ban Forklift

Bagi yang tidak paham mengenai ban dan seputar material, mungkin menganggap jika ban forklift hanya terdiri satu jenis saja. Padahal ban ini memiliki banyak jenisnya. Sebelum membelinya, Anda harus mengetahui beberapa jenis-jenis ban forklift berikut ini, yaitu:

1. Ban Pneumatic

Salah satu jenis ban forklift yaitu ban pneumatik atau disebut juga Pneumatic angin. Jenis ban ini sedikit sama dengan jenis bahan kendaraan lainnya yaitu diisi menggunakan angin dengan cara dipompa. Jenis ban ini mempunyai fraksi yang baik untuk penggunaan di dalam ruangan atau indoor atau luar ruangan atau outdoor.

Jenis ban ini dibuat dari karet yang kuat dan awet, serta mempunyai tapak dalam. Untuk penggunaannya, ban ini mampu digunakan untuk medan luar yang kasar, seperti jalan berbatu, kasar dan penuh paku.

Karena bisa digunakan di dalam ruangan, sehingga jenis ban forklift ini juga biasa digunakan di area gudang. Selain sesuai dengan fungsionalitasnya, di gudang juga biasanya ada banyak benda-benda tajam sehingga bisa diatasi dengan baik.

2. Ban Polyurethane

Jenis ban forklift selanjutnya yaitu ban Polyurethane. Ban ini didesain khusus untuk jenis kendaraan reach truck. Untuk kriterianya sendiri jenis ban ini terbilang ringan serta tidak mudah robek. Ban Polyurethane memang merupakan jenis bahan yang terbilang awet bahkan lebih awet dibandingkan dengan jenis bahan forklift lainnya. Perbedaan ban Polyurethane dengan jenis sebelumnya yaitu band ini hanya bisa digunakan untuk jalan atau Medan yang bagus dan halus saja. 

3. Ban Solid Press-On

Jenis ban selanjutnya yaitu Ban Solid Press-On. Ini merupakan jenis ban forklift yang terbuat dari solid atau karet padat. Adapun cara kerja dari bahan karet solid ini yaitu ditekan ke roda forklift sehingga dapat menempel di pelk forklift. 

Adapun ban ini menghasilkan daya traksi yang halus dengan keuntungan menggunakan jenis ban ini yaitu dapat memudahkan operator untuk melakukan manuver.

Untuk posisi ban ini juga dinilai lebih rendah karena sehingga mempunyai radius belok yang lebih kecil khususnya ketika melakukan manuver

Karena dengan posisi ban yang lebih rendah ke tanah, membuat forklift dengan ban jenis ini, memiliki radius belok yang lebih kecil. Terutama yang berkenaan saat melakukan manuver. Namun karena sifatnya halus, maka ban cushion hanya cocok digunakan pada permukaan lantai ataupun jalan yang rata. Sehingga sangat cocok digunakan di indoor ataupun di luar ruangan yang berjalan aspal.

4. Ban Solid

Selanjutnya ada pula ban solid, di mana jenis ban ini terbuat dari karet padat yang sama seperti sebuah bantalan. Harga dari ban pneumatic solid ini terbilang mahal namun tahan lama dan menjadi ban unggulan untuk semua pemilik forklift. Bukan hanya itu, dan jenis ini juga tahan terhadap kebocoran dan benturan. 

Itulah beberapa jenis ban forklift yang bisa Anda ketahui. Jika tertarik dengan ban ini, Anda bisa mencari produsen yang jual ban forklift.

Salah satu produsen yang jual ban forklift yaitu indoautozone.co.id. Di indo autozone Anda bisa mendapatkan ban serta sparepart untuk kendaraan industrial, alat berat maupun kendaraan niaga.