BuletinKalbar.com – Salah satu kebahagiaan yang dirasakan oleh seorang karyawan di bulan puasa, adalah ketika menerima THR atau Tunjangan Hari Raya. Dimana THR ini merupakan satu bentuk rezeki lain di luar penghasilan utama. Namun sayangnya banyak yang menganggap bahwa THR ini adalah rezeki nomplok, yang sah-sah saja dibelanjakan sesuka hati. Padahal seharusnya setiap orang harus berpikir cerdas, bagaimana langkah bijak memanfaatkan THR tersebut, agar tidak cepat habis, dan masih dapat digunakan untuk hal bermanfaat di masa depan.

Cara BIjak Memanfaatkan THR

Mayoritas orang menjadi kalap mata saat menerima THR, yang notabene adalah penghasilan tambahan selain pemasukan rutin. Sehingga tidak bisa mengaturnya dengan bijak. Ujung-ujungnya THR telah habis tak bersisa, tanpa menyisakan simpanan untuk digunakan di kemudian hari. Lantas bagaimana langkah bijak memakai uang THR tersebut?

  • Membuat Daftar Pengeluaran¬†

Cara bijak menggunakan THR yang pertama adalah membuat daftar pengeluaran. Lalu menyusun skala prioritas, memilah antara kebutuhan dan keinginan. Dengan demikian Anda lebih mudah untuk memperkirakan, berapa biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan tersebut.

  • Membeli Kebutuhan Hari Raya

Setelah membuat daftar pengeluaran, maka Anda dapat mengutamakan membeli kebutuhan hari raya. Seperti bahan makanan, dan peralatan rumah tangga untuk membersihkan rumah. Membeli baju lebaran pun masih bisa dilakukan, asal tetap menghindari perilaku konsumtif, akibat tergiur banyaknya diskon yang ada.

  • Membayar Hutang

Alangkah baiknya lagi jika Anda membayar hutang, sebagai langkah bijak memakai uang THR. Anda dapat membayar hutang yang masih terjangkau oleh uang THR tersebut. Dengan demikian perlahan tapi pasti beban hutang Anda semakin berkurang. 

  • Menabung

THR tidak selamanya harus dihabiskan dengan berfoya-foya. Bahkan melalui THR ini, Anda juga harus bijak memanfaatkannya untuk menambah jumlah tabungan di bank. Hal ini penting dilakukan, agar Anda tetap mempunyai simpanan tabungan untuk kebutuhan sehari-hari, bahkan yang tak terduga.

  • Investasi

Sisihkan pula THR tersebut untuk melakukan investasi. Anda dapat memilih investasi sesuai kebutuhan. Pastikan sudah mempelajari terlebih dahulu jenis investasi yang ditawarkan sedetil-detilnya. Agar THR dapat membawa manfaat investasi di masa datang.

  • Sedekah

Hari raya identik dengan berbagi kebahagiaan. Maka Anda dapat sisihkan juga THR tersebut untuk bersedekah kepada yang membutuhkan. Dan jangan lupa pula untuk berzakat sebagai kewajiban di saat bulan puasa.

Bijak memanfaatkan THR sudah selayaknya dilakukan, sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan finansial. Dengan demikian keberadaan THR tak hanya sekedar numpang lewat, namun lebih membawa manfaat di masa kini dan yang akan datang.